Sabtu, 09 Maret 2013

Abdullah bin Abbas RA, Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadits Nabi SAW, Kyai (Habar)-nya Ummat (Muhammad) ini

            Abdullah bin Abbas masih sepupu Nabi SAW sendiri walaupun usianya jauh berbeda, ia adalah putra dari Abbas bin Abdul Muthalib. Sejak masih dalam dari kandungan ibunya, Ummu Fadhl, Rasulullah SAW telah ‘meramalkan’ akan keutamaan dirinya. Suatu ketika di tahun 9 atau 10 dari kenabian, Ummu Fadhl yang telah memeluk Islam tetapi menyembunyikan keislamannya, datang menemui Nabi SAW. Tiba-tiba beliau bersabda kepadanya, “Sesungguhnya engkau sedang mengandung, jika engkau telah melahirkan, datanglah kepadaku dengan membawa anak itu!!”
            Beberapa bulan kemudian Ummu Fadhl melahirkan seorang anak lelaki, dan ia membawa putranya tersebut kepada Nabi SAW. Maka beliau melantunkan adzan di telinga kanan bayi tersebut, dan iqamah di telinga kirinya. Kemudian Rasulullah SAW meneteskan keringat beliau ke mulut sang bayi dan bersabda kepada Ummu Fadhl, “Namakanlah anak ini Abdullah, sekarang pulanglah engkau bersama bapaknya para khalifah!!”
            Walau keheranan dengan perkataan Nabi SAW, tetapi Ummu Fadhl pulang tanpa bertanya apa maksud ucapan beliau itu. Sampai di rumah, ia menceritakan peristiwa yang dialaminya bersama Rasulullah SAW kepada suaminya, maka Abbas segera berpakaian dan berangkat ke tempat kediaman Rasulullah SAW, ia berkata, “Wahai Muhammad, apa yang engkau katakan (kepada istriku) itu??”
            Nabi SAW bersabda, “Seperti yang diceritakan istrimu itu, dia adalah bapak dari para khalifah. Di antara mereka ada yang disebut As Saffah, Al Mahdi, dan ada pula yang akan menjadi imam shalat dari Isa bin Maryam!!”
            Di kemudian hari, anak-anak keturunan Ibnu Abbas ini memang memegang jabatan kekhalifahan dalam kurun waktu cukup, yang kemudian dinisbahkan kepada nama ayahnya, Abbas, yakni Daulah Abbasiah.
Abdullah bin Abbas hidup dan bergaul bersama Rasulullah SAW ketika masih anak-anak. Ia berhijrah ke Madinah pada tahun 5 hijriah ketika berusia 8 tahun. Ia berangkat bersama kakaknya, Fadhl bin Abbas dan seorang budaknya, Abu Rafi. Mereka sempat tersesat di Rakubah sebelum akhirnya sampai di kediaman Bani Amr bin Auf dan masuk ke Madinah.
Suatu ketika Nabi SAW menariknya mendekat, menepuk-nepuk bahunya dan berdoa untuknya, "Ya Allah, berilah ia ilmu agama yang mendalam, ajarkanlah kepadanya ta'wil (yakni, ilmu tentang tafsir Al Qur’an) ." (Allahumma, faqqihuu fiddiin, wa 'allimuu fit ta'wiil).
Doa ini diulangi beberapa kali oleh Nabi SAW ketika bertemu Ibnu Abbas, dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Tentu saja doa beliau ini dikabulkan Allah, dan ia benar-benar menjadi orang yang sangat mendalam ilmu-ilmu agama (Keislaman) dan menjadi ahli tafsir Al Qur'an, dalam usianya yang masih sangat muda.
Abdullah bin Abbas memang selalu menghadiri majelis pengajaran Nabi SAW, dan menghafalkan apa yang beliau sampaikan. Ketika berusia 10 tahun, yakni setelah bergaul dengan Rasulullah SAW selama dua tahun, ia telah mampu menghafal Al Qur'an hingga manzil (yang diturunkan) terakhir. Ketika Rasulullah wafat, ia berusia 13 tahun dan saat itu ia telah menjadi seorang ahli tafsir Al Qur'an yang diakui oleh para sahabat lainnya. Namun demikian ia tidak berhenti menggali dan mencari ilmu dari para sahabat-sahabat Nabi SAW yang terdahulu. Ia tidak segan memacu tunggangannya mengarungi padang pasir menemui seorang sahabat, yang tidak terkenal sekalipun, bila didengarnya ia pernah memperoleh pengajaran (atau suatu hadits) langsung dari Nabi SAW. Sungguh, kehausannya akan ilmu agama, apalagi yang bersangkutan dengan al Qur’an dan hadits Nabi SAW seakan tak pernah terpuaskan.
Tidak jarang untuk satu masalah yang baru diketahuinya setelah Nabi SAW wafat, Ibnu Abbas bertanya pada beberapa orang sahabat yang berbeda, walau jawaban mereka lebih kurang sama. Bahkan ia pernah berkata, “Sesungguhnya aku pernah menanyakan satu masalah kepada tiga puluh orang sahabat yang mendengar langsung dari Rasulullah SAW!!”
Ketika Umar bin Khaththab menjadi khalifah, ia selalu membawa serta pemuda belasan tahun itu (yakni Abdullah bin Abbas) dalam majelis permusyawaratan yang dihadiri oleh para sahabat Muhajirin dan Anshar yang mengikuti Perang Badar (Ahlul Badar). Tidak jarang dalam suatu masalah yang sangat pelik, Umar meminta pendapatnya dan memakai pemikirannya sebagai jalan keluar.
Suatu ketika Ibnu Abbas melihat Nabi SAW sedang shalat sunnah, segera saja ia berdiri di belakang beliau dan mengikuti beliau shalat. Melihat atau merasakan kehadirannya, beliau menarik tangannya hingga berdiri sejajar, kemudian meneruskan shalatnya. Tetapi Abdullah bin Abbas mundur selangkah sambil tetap meneruskan shalat. Setelah selesai shalat, Nabi SAW menanyakan kenapa ia mundur lagi ke belakang, Ibnu Abbas berkata, "Wahai Rasulullah, engkau adalah pesuruh Allah, bagaimana mungkin saya dapat berdiri sejajar denganmu."
Rasulullah SAW tersenyum, dan kembali mendoakannya seperti sebelumnya, yakni : Allahumma faqqihuu fiddiin, wa 'allimuu fit ta'wiil.
Dengan berbagai semangatnya dalam menggali dan mengamalkan Al Qur’an, serta ajaran Islam lainnya tersebut, tidak heran kalah Nabi SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya dia (Ibnu Abbas) adalah Kyai (Habar)-nya umat ini!!”
            Seusai perang Hunain, Nabi SAW menyatakan bahwa sepeninggal beliau kelak, orang-orang Anshar akan mengalami perlakuan pilih kasih dari pihak yang berkuasa, hal ini terekam kuat dalam ingatannya walau saat itu ia masih kecil. Hal itu memunculkan tekad dalam hatinya untuk membela orang-orang Anshar jika saat itu tiba.
Pada masa khalifah Umar atau Utsman (perawi Abu Zinad ragu antara Umar atau Utsman, tetapi kemungkinan besar adalah masa Utsman, karena Umar terkenal sangat adil dan berhati-hati dalam memperlakukan umat Islam), sekelompok sahabat, di antaranya Hasan bin Tsabit al Anshari dan Abdullah bin Abbas, mewakili orang-orang Anshar meminta kepada khalifah agar memenuhi hajat kebutuhan mereka. Beberapa sahabat berdiri mengutarakan keutamaan orang-orang Anshar dan jasa-jasa mereka saat bersama Nabi SAW, dengan harapan khalifah bisa memenuhinya.
Kebutuhan orang-orang Anshar yang diperjuangkan saat itu memang nilainya cukup besar, sehingga khalifah tidak bersedia memberikannya dengan berbagai argumen dan alasan. Beberapa orang sahabat akhirnya menerima alasan khalifah, termasuk sebagian sahabat Anshar, karena memang masuk akal. Tetapi ternyata Ibnu Abbas tidak mau menyerah begitu saja, selalu terngiang-ngiang “ramalan” Rasulullah SAW tentang ketidak-adilan yang akan dialami kaum Anshar. Ia akan merasa sangat bersalah jika ia melihat sisi ketidak-adilan tersebut muncul, dan ia tidak berbuat apa-apa untuk melawannya.
Tiba-tiba Ibnu Abbas berdiri dan dengan tegas ia mendebat semua argumentasi khalifah. Doa Nabi SAW,  "Allahumma faqqihuu fid diin wa 'allimuu fit ta'wiil" benar-benar mewujud dalam dirinya. Semua argumen dan alasan itu dapat dipatahkannya sehingga mau tidak mau khalifah memenuhi kebutuhan para sahabat Anshar tersebut. Ini bukan sikap menang-menangan, tetapi bagaimana mendudukkan masalah sehingga khalifah terhindar dari sikap pilih kasih, dan tetap berdiri di atas keadilan. Dan khalifah sendiri akhirnya menyadari, bukannya marah tetapi justru ia berterima kasih atas nasehat yang diberikan Abdullah bin Abbas.
Hassan bin Tsabit, yang digelari sebagai ‘Penyair dan Pembela Rasulullah SAW’, berkata kepada para sahabat yang bersama-sama menghadap khalifah, "Demi Allah! Sesungguhnya ia (Ibnu Abbas RA) adalah yang paling utama di antara kalian, karena ia adalah sisa kenabian dan pewaris Ahmad SAW. Kesamaan ras dan kemiripan wataknya memberi petunjuk kepadanya."
Begitu juga yang terjadi dengan sahabat Abu Ayyub al Anshari. Sahabat Anshar ini menyediakan rumahnya untuk ditempati Nabi SAW ketika beliau pertama kali tiba di Madinah. Selama berbulan-bulan beliau tinggal di rumahnya sampai kaum muslimin selesai membangun Masjid Nabawi, dan rumah tinggal beliau di serambi masjid tersebut. Pada masa khalifah Muawiyah, ia mengalami masalah keuangan dan terlilit hutang. Ketika menghadap khalifah dan menyampaikan permasalahannya, ia tidak memperoleh apapun kecuali “nasehat” untuk bersabar, sebagaimana diramalkan Rasulullah SAW. Akhirnya ia berkunjung kepada Abdullah bin Abbas di Bashrah.
Ibnu Abbas menyambut kehadiran Abu Ayyub al Anshari dengan hangat. Ia membiarkan rumahnya ditempati Abu Ayyub dan semua kebutuhannya dipenuhi sehingga bisa menyelesaikan masalah hutangnya, bahkan masih banyak kelebihannya. Ibnu Abbas berkata kepada Abu Ayyub, "Aku akan berbuat baik kepadamu sebagaimana engkau telah berbuat baik kepada Rasulullah SAW. Aku dan keluargaku pindah dari rumah ini agar engkau bisa menempatinya, sebagaimana engkau dan keluargamu telah mengosongkan rumahmu untuk bisa ditinggali oleh Rasulullah SAW."
Pada masa tuanya, Ibnu Abbas menjadi buta. Suatu ketika ia masuk ke Masjidil Haram dengan dituntun oleh Wahab bin Munabbih. Ketika didengarnya beberapa orang bertengkar dengan suara keras, ia meminta Wahab membawanya ke sana. Ia memberi salam dan meminta ijin duduk. Setelah duduk, ia berkata, "Apakah kamu tidak mengetahui hamba-hamba Allah yang sebenarnya? Mereka adalah manusia yang tidak ingin berkata-kata karena takut kepada Allah, padahal ia tidak bisu bahkan sangat fasih tutur bahasanya. Mereka bersikap seperti itu karena selalu sibuk memuji Allah dan mereka tidak dapat berkata yang sia-sia. Pada tingkat keimanan yang seperti itu, mereka selalu bersegera berbuat kebaikan, mengapa kalian menyimpang dari jalan itu?"
Mereka yang sedang bertengkar atau berdebat tersebut menjadi reda emosinya, dan meminta nasehat lebih banyak kepada Abdullah bin Abbas.
Abdullah bin Abbas sempat mengalami masa-masa fitnah, ketika terjadi pertentangan antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah bin Abu Sufyan. Sebenarnya ia lebih suka kalau terjadi perdamaian daripada peperangan antara dua kelompok kaum muslimin tersebut. Tetapi tidak bisa tidak, pertentangan dan pertempuran terjadi juga, maka Ibnu Abbas bediri di pihak Ali. Ketika akhirnya Ali ‘dikalahkan’ secara curang dalam peristiwa tahkim, Ibnu Abbas memilih untuk pergi ke Makkah dan tinggal di sana beberapa waktu lamanya, tidak lagi melibatkan diri dalam pertentangan antara dua kubu kaum muslimin saat itu.
Ketika Husein bin Ali, cucu Rasulullah SAW dan keluarganya berniat berangkat ke Kufah, beberapa orang sahabat mencegahnya, termasuk Abdullah bin Abbas. Kufah adalah tempat para pendukung Ali bin Abi Thalib, dan penduduknya meminta Husein datang dan tinggal di sana. Ibnu Abbas, dengan pandangan hatinya yang tajam berkata kepada Husein, “Janganlah engkau lakukan itu!! Sesungguhnya aku mempunyai firasat bahwa engkau akan dibunuh di tengah-tengah istri dan anak-anak perempuanmu, sebagaimana Utsman (bin Affan) dibunuh!!”
Tetapi mungkin sudah menjadi jalannya takdir Allah, Husein berkeras untuk berangkat. Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Jabir bin Abdullah dan beberapa sahabat lainnya mengiringi kepergiannya dengan uraian air mata. Ketika mereka telah sampai di wilayah Irak, tetapi belum sampai di Kufah, tepatnya di padang Karbala, mereka dicegat oleh pasukan yang dikirim oleh Ubaidillah bin Ziyad atas perintah sang khalifah, Yazid bin Muawiyah. Dan sungguh biadab, empat ribu pasukan itu menyerang dan membantai rombongan Husein bin Ali yang hanya berjumlah delapan puluhan orang, yang sebagiannya adalah wanita dan anak-anak. Peristiwa mengenaskan yang tepat seperti ‘dilihat’ Abdullah bin Abbas itu terjadi pada hari Asyura, tanggal 10 Muharam.
Sebagian riwayat menyebutkan, Abdullah bin Abbas memilih untuk menghabiskan masa hidupnya di Thaif, dan bukannya di Tanah Haram Makkah, walaupun sebenarnya ibadah atau kebaikan yang dilakukan di sana dilipat-gandakan sebanyak seratus ribu kali. Tetapi yang menjadi alasannya untuk tidak tinggal di Makkah, adalah sikap hati-hati dan rasa takutnya (khauf) kepada Allah SWT. Dalam pemikiran dan penafsiran Ibnu Abbas, orang-orang yang baru tersirat dan berniat saja untuk berbuat keburukan dan berada di Tanah Haram (Makkah dan Madinah), ia sudah jatuh dalam keburukan dan berdosa, bahkan bisa jadi dosanya sudah berganda sesuatu tingkat kekuatan niatnya. Padahal kalau di tanah halal, yakni di luar Makkah dan Madinah, niat saja belum jatuh dalam keburukan dan berdosa, jika ia belum merealisasikan niatnya tersebut. Bahkan bisa jadi ia memperoleh pahala jika ia membatalkan niatnya tersebut.
Sungguh suatu sikap hati-hati (wara’) dan takut kepada Allah SWT (khauf) yang tiada taranya. Padahal seorang sahabat “selevel” Ibnu Abbas, yang telah didoakan kebaikan oleh Nabi SAW, apa masih mungkin tersirat suatu niat untuk berbuat keburukan?? Tetapi itulah memang ciri khas para sahabat Nabi SAW, walaupun kebaikan dan jaminan keselamatan dari Nabi SAW telah mereka terima dari sabda-sabda beliau, tetapi mereka masih merasa 'tidak aman' dengan Makar Allah, sungguh suatu sikap tawadhu' yang patut diteladani.
            Beberapa waktu lamanya setelah tinggal di Thaif, kematian menjemputnya pada usianya yang ke 71 tahun. Saat itu kekhalifahan Islam terpecah menjadi dua, satu berada di tangan Abdullah bin Zubair yang berkedudukan di Makkah atas ba’iat para sahabat utama Nabi SAW yang masih hidup. Sedangkan di Syam, kekhalifahan Bani Umayyah dipegang oleh Abdul Malik bin Marwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar